Apa Pendapat Mu ?






Ada yang bilang hidup tanpa musik dunia serasa hampa, tanpa musik tiada hdup, musik adalah hidupku, gak’ ada musik gak’ ada hidup, dan masih banyak lagi statement-stament yang keluar dari mulut kita. Intinya, kurang nikmat hidup ibaart sayur tanpa garam dan koran tanpa kopi jika tidak ada musik yang melengkapi. Elemen yang satu ini kini menjadi bagian yyang tidak terpisahkan dari manusia. Musik bagi manusia bisa berarti hobi, pacar, teman, bahkan dari musik seseorang menyambung kehidupan baginya dan keluarga. Yupz, kini musik memang telah menjadi salah satu elemen penting bagi manusia.


Berbagai hal bisa kita lakukan dengan musik, dan tentunya kita pasti akan menikmati itu. Mengaransemen, mencari musik (lagu), memainkan (alat musik), menganalisis, mendengarkan, serta mengapresiasi suatu karya musik. Dalam hal ini, mendengarkan musik adalah hal yang paling menyenangkan. Kita semakin mudah menikmati, mendengarkan, dan bahkan menemukan alunan tiap

simfoni karena teknologi yang kian berkembang. Bahkan sekarang, sudah banyak industri-industri musik yang berdiri dan memberikan tempat tersendiri bagi musik sebagai suatu pekerjaan yang berlabel ‘mahal’ dan dituntut untuk prodesional dalam menjalaninya. Dibalik itu, ternyata mendengarkan musik mempunyai banyak kegunaan. Berikut akan dijelaskan beberapa hal tentang manfaat dari musik.

1. Terapi
Musik bisa dijadikan sebagai sebuah terapi kesehatan. Beberapa ahli menyebutkan kalau musik memiliki guna dalam sisi medis. Ketika sakit, musik diharapkan dapat menjadi media yang bisa memberi kesembuhan.

2. Motivasi
Musik dijadikan sebagai motivasi sah-sah saja. Ada sebagian orang yang menjadi lebih semangat beraktivitas bila sambil mendengarkan musik, misalnya belajar atau bekerja. Dalam upacara kenegaraan atau penyerahan hadiah yang sifatnya formal, mendengarkan lagu bisa membuat seseorang untuk lebih menghargai jerih payah pahlawan misalnya, atau menghargai jerih payah para atlit yang telah membawa nama harum bangsa.

3. Menyegarkan
Ketika malas melakukan sesuatu, musik bisa menjadi alternatif penyegar kala itu. Ketika mendengarkan musik walau sesaat, semangat kemudian muncul dan merasa akan segar kembali.

4. Komunikasi
Musik juga dianggap sebagai bahasa universal karena mampu menyampaika pesan lewat lirik dalam lagu yang dibawakan oleh para musisi. Meski dari belahan negara yang berbeda, namun musik menjadi alat pemersatu untuk sama-sama bisa sama-sama menikmati sebuah pertunjukan. Bahka satelit yang dikirim ke luar angkasa juga membawa musik.

Semoga musik bisa benar-benar menjadi ‘teman’ yang selalu menemani dalam menjalani aktivitas setiap hari dan selalu memberikan energi positif agar bisa melakukan yang trbaik buat diri dan orang lain.


( dari berbagai sumber )

Comments